Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap pengembangan kepercayaan diri anak kelompok usia 5-6 tahun di TK ABA 01 Cabang Medan. Penelitian ini dilakukan dilembaga TK ABA kelompok B2 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B1 sebagai kelas kontrol. Yang ditentukan secara random dengan jumlah sampel disetiap kelas sebanyak 20 orang anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas adalah metode bercerita sedangkan variabel terikat adalah pengembangan kepercayaan diri. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 39,5 dengan nilai tertinggi 48 dan nilai terendah 35, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 24,45 dengan nilai tertinggi 35 dan nilai terendah 15. Berdasarkan hasil tersebut terdapat perbedaan antara metode bercerita dengan metode tanya jawab. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,336 >1,707 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian Ho ditolah Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan: “Ada pengaruh yang signifikan pada metode bercerita terhadap pengembangan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK ABA 01 Cabang Medan T.A. 2015/2016” teruji kebenarannya. Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan penggunaan metode bercerita dapat mengembangan kepercayaan diri anak.