PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 01 CABANG MEDAN T.A. 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap motivasi belajar anak kelompok usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Cabang Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas adalah metode eksperimen sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai pada kelas eksperimen 12,95 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 11. Nilai rata-rata pada kelas kontrol 10 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 8. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode eksperimen terhadap motivasi belajar anak dan dari hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,17 >1,707 pada taraf α = 0.05. Dengan hasil uji-t tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode eksperimen memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap motivasi belajar anak dibandingkan metode tanya jawab.