Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini kelompok B Tk Salsa T.A 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dilembaga Tk Salsa kelompok B3 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B1 sebagai kelas kontrol. Yang ditentukan secara random dengan jumlah sampel disetiap kelas sebanyak 33 anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian post test only control design. Variabel bebas adalah media audiovisual sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berhitung permulaan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 2,75 dengan nilai tertinggi 24 dan nilai terendah 17, dengan rincian 25 anak mendapatkan skor Baik Sekali (75,76%) dan 8 anak mendapatkan skor Baik (24,24 %) sehingga kemampuan berhitung permulaan anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas control 1,83 dengan nilai tertinggi 18 dan nilai terendah 11 dengan rincian 27 anak mendapat skor Baik (78,79 %) dan 6 anak mendapat skor Cukup (21,21 %). . Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan media audiovisual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung permulaan anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 12,24 >1,671 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audivisual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini kelompok B di TK Salsa T.A 2015/2016.