UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAGAR MERBAU KECAMATAN PAGAR MERBAU KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Manurung, Kennedy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/21453/9/1%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20Cover.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/2/2%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20Lembar%20Persetujuan%20dan%20Pengesahan.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/3/3%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20Abstrak.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/4/4%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20KAta%20Pengantar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/5/5%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/1/6%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20Daftar%20Tabel.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/8/7%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20Daftar%20Gambar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/7/9%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/6/12%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/10/14%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/
ctrlnum 21453
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/21453/</relation><title>UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAGAR MERBAU KECAMATAN PAGAR MERBAU KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>Manurung, Kennedy</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn dan keterampilan sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dan keterampilan sosial siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau Kecamatan Pagar Merbai Kabupaten Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau sebanyak satu kelas yang berjumlah 30 orang siswa. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan hasil belajar PKn dan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran Poblem Based Learning di kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan Classroom Action Research (CAR) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan Classroom Action Research (CAR) dilakukan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan ulangan harian untuk melihat hasil belajar PKn siswa. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa Hasil belajar PKn melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning meningkat. Hal ini diperoleh melalui hasil evaluasi siklus I menunjukkan skor rata-rata kelas mencapai 65,23 dan pada siklus II rata-rata kelas mencapai 77,86. Dengan demikian skor rata-rata dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 12,63. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal mencapai 43,33% dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal mencapai 83,33%. Sehingga melalui penjelasan tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan pada persentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Persentase keterampilan sosial siswa hasil observasi siklus I pertemuan I termasuk kategori rendah yaitu sebesar 46,67%, siklus I pertemuan II termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 33,33%, siklus siklus II pertemuan I termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 53,33%, dan siklus II pertemuan II termasuk kategori sangat tinggi yaitu sebesar 90,00%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn dan keterampilan sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2015/2016.</description><date>2016-06-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21453/9/1%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21453/2/2%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20Lembar%20Persetujuan%20dan%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21453/3/3%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21453/4/4%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20KAta%20Pengantar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21453/5/5%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21453/1/6%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20Daftar%20Tabel.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21453/8/7%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20Daftar%20Gambar.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21453/7/9%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21453/6/12%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/21453/10/14%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Manurung, Kennedy (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAGAR MERBAU KECAMATAN PAGAR MERBAU KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED. </identifier><recordID>21453</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Manurung, Kennedy
title UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAGAR MERBAU KECAMATAN PAGAR MERBAU KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
publishDate 2016
isbn 9788116122007
topic H Social Sciences (General)
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://digilib.unimed.ac.id/21453/9/1%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20Cover.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/2/2%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20Lembar%20Persetujuan%20dan%20Pengesahan.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/3/3%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20Abstrak.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/4/4%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20KAta%20Pengantar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/5/5%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/1/6%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20Daftar%20Tabel.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/8/7%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20Daftar%20Gambar.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/7/9%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/6/12%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/10/14%20Kennedy%20Manurung%20Nim.%20.8116122009%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21453/
contents Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn dan keterampilan sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dan keterampilan sosial siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau Kecamatan Pagar Merbai Kabupaten Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau sebanyak satu kelas yang berjumlah 30 orang siswa. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan hasil belajar PKn dan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran Poblem Based Learning di kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan Classroom Action Research (CAR) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan Classroom Action Research (CAR) dilakukan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan ulangan harian untuk melihat hasil belajar PKn siswa. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa Hasil belajar PKn melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning meningkat. Hal ini diperoleh melalui hasil evaluasi siklus I menunjukkan skor rata-rata kelas mencapai 65,23 dan pada siklus II rata-rata kelas mencapai 77,86. Dengan demikian skor rata-rata dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 12,63. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal mencapai 43,33% dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal mencapai 83,33%. Sehingga melalui penjelasan tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan pada persentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Persentase keterampilan sosial siswa hasil observasi siklus I pertemuan I termasuk kategori rendah yaitu sebesar 46,67%, siklus I pertemuan II termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 33,33%, siklus siklus II pertemuan I termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 53,33%, dan siklus II pertemuan II termasuk kategori sangat tinggi yaitu sebesar 90,00%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn dan keterampilan sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagar Merbau Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2015/2016.
id IOS3150.21453
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:43Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:43Z
recordtype dc
_version_ 1766033417625927680
score 17.538404