HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI MINAT DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI DAN KEMANDIRIAN SISWA SMA NEGERI SEKECAMATAN MEDAN KOTA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) Motivasi berprestasi; (2) Minat; (3) Perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif biologi; (4) Motivasi berprestasi; (5) Minat; (6) Perhatian orang tua terhadap kemandirian siswa; (7) Motivasi berprestasi dan minat; (8) Motivasi berprestasi dan perhatian orang tua; (9) Minat dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar kognitif biologi; (10) Motivasi berprestasi dan minat; (11) Motivasi berprestasi dan perhatian orang tua; (12) Minat dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap kemandirian siswa; (13) Motivasi berprestasi, minat, dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar kognitif biologi dan kemandirian siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Sekecamatan Medan Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan sampel penelitian sebanyak 275 siswa yang ditentukan secara purposive sampling (sampel bertujuan) yaitu SMA Negeri 5 sebanyak 138 siswa, SMA Negeri 6 sebanyak 65 siswa, dan SMA Negeri 10 sebanyak 72 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi berprestasi dengan jumlah 30 soal, angket minat dengan jumlah 20 soal, angket perhatian orang tua dengan jumlah 25 soal, dan angket kemandirian siswa dengan jumlah 40 soal, sedangkan nilai hasil belajar kognitif biologi diperoleh dari hasil biologi semester I yang ada di sekolah masing-masing.Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara: (1) Motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif biologi (r=0,536 ; p=0,000); (2) Minat terhadap hasil belajar kognitif biologi (r=0,482 ; p=0,000); (3) Perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif biologi (r=0,250 ; p=0,000); (4) Motivasi berprestasi terhadap kemandirian siswa (r=0,326 ; p=0,000); (5) Minat terhadap kemandirian siswa (r=0,293 ; p=0,000); (6) Perhatian orang tua terhadap kemandirian siswa (r=0,419 ; p=0,000); (7) Motivasi berprestasi dan minat secara bersama-sama terhadap hasil belajar kognitif biologi (r=0,603 ; p=0,000); (8) Motivasi berprestasi dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar kognitif biologi (r=0,546 ; p=0,000); (9) Minat dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar kognitif biologi (r=0,499 ; p=0,000); (10) Motivasi berprestasi dan minat secara bersama-sama terhadap kemandirian siswa (r=0,367 ; p=0,000); (11) Motivasi berprestasi dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap kemandirian siswa (r=0,473 ; p=0,000); (12) Minat dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap kemandirian siswa (r=0,460 ; p=0,000); dan (13) Motivasi berprestasi, minat, dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar kognitif biologi dan kemandirian siswa (r=0,606 ; p=0,000).