STRATEGI PEMASARAN PISANG SALE DI DESA LHOK NIBONG KECAMATAN PANTE BIDARI KABUPATEN ACEH TIMUR
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini yaitu banyaknya penjual dalam satu lokasi yang menyebabkan hasil penjualan pisang sale tidak banyak karena saling berkompetisi mendapatkan konsumen dan kegiatan promosi hanya dilakukan dari mulut ke mulut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan pedagang dalam memasarkan pisang sale di Desa Lhok Nibong Kecamatan Pantee Bidari Kabupaten Aceh Timur, dan untuk mengetahui penerapan strategi yang dilakukan pedagang dalam memasarkan pisang sale di Desa Lhok Nibong Kecamatan Pantee Bidari Kabupaten Aceh Timur. Guiltinan dan Gordon (dalam Danang Sunyoto, 2015) menyatakan “strategi pemasaran adalah pernyataan pokok tentang dampak yang dihadapkan akan dicapai dalam hal permintaan pada pasar target tertentu”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif, informan dalam penelitian ini sebanyak 2 orang pedagang pisang sale yang mampu bersaing dengan pedagang pisang sale yang lain di Desa Lhok Nibong. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan demikian hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa pedagang pisang sale di Desa Lhok Nibong Kecamatan Pantee Bidari Kabupaten Aceh Timur melakukan strategi pemasaran yang dilakukan pedagang dalam memasarkan pisang sale sudah baik. Sehingga, strategi pemasaran yang dilakukan pedagang dalam memasarkan pisang sale di Desa Lhok Nibong Kecamatan Pantee Bidari Kabupaten Aceh Timur dapat memberikan hasil yang positif dalam meningkatkan jumlah penjualan pisang sale.