Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1. Rendahnya motivasi belajar anak panti asuhan. Dilihat dari beberapa anak yang tampak kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, 2. Kurangnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Seharusnya orang tua memberikan motivasi dan dukungan serta membimbing anak dalam proses anak. Terlihat adanya pengaruh antara dukungan sosial pengasuh terhadap motivasi belajar anak dan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, 4. Kurangnya fasilitas pembelajaran anak di panti asuhan, pengasuh hendaknya menyediakan fasilitas belajar yang memadai, memberikan motivasi dan dukungan, serta membimbing anak dalam proses belajar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori motivasi belajar yang dikemukakan oleh Hamzah B.Uno (2013), motivasi merupakan dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil dari penelitian ini sebanyak 40 orang yang bertempat tinggal di panti asuhan Al- Washliyah Gedung Johor Medan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan teknik analisis datanya menggunakan Y= a+ bx. Hasil penelitian yang diperoleh terhadap dukungan sosial mencapai 48%, terhadap motivasi belajar anak mencapai 46%. Jadi dari data keseluruhan 0,572% pengaruh dukungan sosial pengasuh terhadap motivasi belajar anak panti asuhan adalah kategori cukup baik