Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap pengendalian diri dalam belajar pada siswa kelas VIII MTS Swasta Darul Ulum Budi Agung Tahun Ajaran 2015-2016 Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa yang memiliki pengendalian diri dalam belajar yang rendah, yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu menggunakan angket pengendalian diri dalam belajar, sebanyak 45 butir pernyataan angket pengendalian diri dalam belajar terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel. Dan menjadi 30 butir pernyataan angket pengendalian diri dalam belajar sebagai pengumpul data. Dari hasil analisis diperoleh data pre-test siswa rata-rata = 63 termasuk kategori rendah dan Standart Deviasi (SDx) = 6,25, sedangkan hasil data post-test rata-rata = 84,6 termasuk kategori tinggi dan Standart Deviasi (SDy) = 6,88. Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji Wilcoxon (J) yang memperoleh hasil Jhitung = 0 sedangkan harga Jtabel = 14. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 12, α = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 14. Oleh karena J(0) < J0,05 (14), Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung < Jtabel. Dengan demikian dinyatakan ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap pengendalian diri dalam belajar pada siswa kelas VIII MTS Swasta Darul Ulum Budi Agung Tahun Ajaran 2015-2016. Dengan kata lain hipotesis diterima. Bagi Peneliti selanjutnya yang juga ingin melakukan penelitian terkait dengan pengendalian diri dalam belajar, diharapkan untuk lebih mendalami dalam mengkaji teori-teori yang dikemukakan oleh para ahli. Di samping itu diharapkan peneliti lebih kuat mengontrol kondisi eksperimen agar hasil penelitian lebih akurat, melebihi akurasi penelitian ini.