Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah apakah konseling eklektik menggunakan media superhero dapat meningkatkan efikasi diri siswa dalam belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan T.A 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri siswa dalam belajar melalui konseling eklektik menggunakan media superhero pada siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan T.A 2015/2016 Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tekhnik wawancara, angket dan observasi. Subjek dari penelitian ini adalah 4 orang siswa yang memiliki efikasi diri dalam belajar yang rendah. Analisa data digunakan dengan teknik deskriptif kualitatif dan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan efikasi diri dalam belajar siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling eklektik. Subjek penelitian yang awalnya 4 orang siswa yang memiliki efikasi diri dalam belajar yang rendah, setelah diberikan layanan menjadi memiliki efikasi diri dalam belajar. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu dengan melaksanakan layanan konseling eklektik menggunakan media superhero dapat meningkatkan efikasi diri dalam belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Medan T.A 2015/2016.