MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI KONSELING EKLEKTIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SUPERHERO PADA SISWA KELAS VIII DI SMP PAB 8 SAMPALI T. A. 2015/2016
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah konseling eklektik dengan menggunakan media superhero dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas VIII di SMP PAB 8 Sampali T.A 2015/2016. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui konseling eklektik dengan menggunakan media superhero di SMP PAB 8 Sampali T.A 2015/2016. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan dan Bimbingan Konseling dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII-1 yang mengalami masalah kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh berdasarkan hasil tes berpikir kreatif. Besar sampel adalah 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Konseling Eklektik dengan Menggunakan Media Superhero dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII-1 di SMP PAB 8 Sampali T.A 2015/2016. Sebelum tindakan kemampuan berpikir kreatif siswa berada pada kategori kurang. Setelah tindakan konseling pada siklus I siswa yang mengalami peningkatan berpikir kreatif mencapai 65 %. Pada siklus II peningkatannya mencapai 85 % dan telah mencapai target yang ditetapkan. Dari temuan penelitian, dapat dikemukakan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu konseling eklektik dengan menggunakan media superhero pada siswa kelas VIII-1 di SMP PAB 8 Sampali T.A 2015/2016 dapat ditingkatkan kemampuan berpikir kreatifnya