PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMK SWASTA TEKNIK KENDARAAN RINGAN DHARMA KARYA KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Swasta Teknik Kendaraan Ringan Dharma Karya Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang tahun ajaran 2015/2016. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Swasta Teknik Kendaraan Ringan Dharma Karya Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang tahun ajaran 2015/2016. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Swasta Teknik Kendaraan Ringan Dharma Karya Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pre-test post-test group design, subjek penelitian adalah siswa yang memiliki minat belajar rendah berjumlah 8 siswa. Alat pengumpul data dilakukan melalui pemberian angket (kuesioner). Analisa data adalah uji wilcoxon untuk melihat perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian memperoleh rata-rata pre-test kelompok eksperimen sebesar 92,1 dan rata-rata post-test sebesar 109,1. Hasil uji wilcoxon menunjukkan T(0) <T0,05(4). Dengan demikian berarti H1 diterima dan Ho ditolak. Hal ini diperkuat dengan nilai Zhitung < Ztabel, yaitu -2,52< -1,96, sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Swasta Teknik Kendaraan Ringan Dharma Karya Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang tahun ajaran 2015/2016.