PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Siswa yang masih duduk di bangku SMA adalah siswa pada usia remaja, antara usia 15 – 17 tahun. Remaja adalah masa peralihan dari masa kanak – kanak yang penuh ketergantungan menuju masa pembentukan bertanggung jawab. Perubahan yang terjadi di masa remaja akan mempengaruhi perilaku individu. Pada masa remaja inilah siswa harus mampu enyesuaian diri dengan baik untuk melangkah karena aspek penyesuaian diri ini merupakan aspek yang sangat berpengaruh dalam setiap proses belajarnya siswa, baik dalam belajar di kelas, di rumah atau di manapun. Adapun tujuan dalam penelitian ini : (1) Untuk mengetahui gambaran kondisi penyesuian diri siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam sebelum siswa mendapat layanan bimbingan kelompok; (2) Untuk mengetahui gambaran kondisi penyesuaian diri siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam setelah siswa mendapatkan layanan bimbingan kelompok; (3) Untuk mengetahui apakah penyesuian diri meningkat setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok. Dalam penelitian ini yang menjadi sample adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam yang berjumlah 10 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling atau pengambilan sampel dengan pertimbangan terlebih tertentu pada sekelompok onjek yang didasarkan pada ciri – ciri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala penyesuaia diri. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok perlakuan di peroleh nilai Jhitung = 0 dengan α = 0,05 dan n = 10, maka berdasarkan daftar tabel, Jtabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung < Jtabel , maka hipotesis Ho ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan, sehingga penyesuaian diri meningkat sesudah mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik role playing