Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode latihan triad terhadap peningkatan interaksi sosial siswa kelas X-4 ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan One Group Pre-test Post-test Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 ADP SMK Swasta Harapan Stabat yang berjumlah 9 orang siswa, yang ditentukan dari hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah angket interaksi sosial untuk menjaring data tentang interaksi sosial siswa yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok metode latihan triad. Teknik analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok metode latihan triad terhadap interaksi sosial siswa diperoleh nilai ratarata pre-test = 73 dan Standar Deviasi (SD) = 10,8 sedangkan nilai rata-rata posttest = 85 dan Standar Deviasi (SD) = 5,5 dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok metode latihan triad dapat meningkatkan interaksi sosial siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 45 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 0. Jadi, nilai J= 0 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n = 9, α = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 6. Oleh karena J0,05(6)>J(0) maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa interaksi sosial siswa antara sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok metode latihan triad tidaklah sama, dalam hal ini siswa yang telah mendapatkan pemberian layanan bimbingan kelompok metode latihan triad mempunyai interaksi sosial yang lebih tinggi