PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 MEDAN T.A. 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik modeling untuk meningkatkan kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2015/2016. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik modeling untuk meningkatkan kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah siswa SMP Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2015/2016. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik modeling untuk meningkatkan kedisiplinan mematuhi tata tertib sekolah siswa kelas VII SMP Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pre-test post-test group design, subjek penelitian adalah siswa yang memiliki disiplin tata tertib sekolah rendah berjumlah 10 siswa. Alat pengumpul data dilakukan melalui wawancara tidak berstruktur dengan guru BK dan dengan pemberian kuesioner (angket). Analisa data adalah uji wilcoxon untuk melihat perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian memperoleh rata-rata pre-test kelompok eksperimen sebesar 52,9 dan rata-rata post-test sebesar 71,3 sehingga diperoleh jumlah selisih sebesar 18,4 dengan persentase perubahan sebesar 34,78%. Hasil uji wilcoxon menunjukkan T(0) < T0,05(8). dengan demikian berarti H1 diterima dan Ho ditolak. Hal ini diperkuat dengan nilai Zhitung < Ztabel, yaitu -2,803 < -1,96, sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan disiplin mematuhi tata tertib siswa kelas VII SMP Negeri 15 Medan tahun pelajaran 2015/2016.