PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK SHAPING TERHADAP KEBIASAAN TERLAMBAT HADIR KE SEKOLAH SISWA SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A 2015 – 2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh konseling kelompok pendekatan behavioral teknik shaping terhadap kebiasaan terlambat hadir ke sekolah siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun ajaran 2015 / 2016. Tujuannya adalah mengetahui pengaruh konseling kelompok pendekatan behavioral teknik shaping terhadap kebiasaan terlambat hadir ke sekolah siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Hipotesis adalah ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok pendekatan behavioral dengan teknik shaping terhadap kebiasaan terlambat hadir ke sekolah siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pre test – post test group design, subjek penelitian adalah siswa yang memiliki kebiasaan terlambat hadir ke sekolah yang berjumlah 10 siswa dalam kelompok perlakuan dan 10 siswa dalam kelompok kontrol. Alat pengumpul data dilakukan dengan pemberian kuesioner (angket). Analisa data adalah uji wilcoxon untuk melihat perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian memperoleh rata – rata pre test kelompok perlakuan sebesar 63,1 dan rata – rata post test 43,2. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Zhitung < Ztabel pada taraf signifikansi 5% atau α = 0,05 yakni -2,803<-1,96, maka nilai rata – rata postest kelompok perlakuan signifikan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, menunjukan ada perubahan perilaku siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan konseling kelompok pendekatan behavioral teknik shaping, maka dapat disimpulkan melalui konseling kelompok pendekatan behavioral teknik shaping dapat mengurangi perilaku kebiasaan terlambat hadir siswa ke sekolah.