PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DUKUNGAN TAMPILAN KEPUSTAKAAN TERHADAP TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dukungan tampilan kepustakaan terhadap tanggung jawab siswa dalam belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI – MIA 1 yang terdiri dari 4 orang siswa yang mempunyai tanggung jawab dalam belajar yang rendah,dan 2 orang mempunyai tanggung jawab yang tinggi dalam belajar yang dilihat dari pre-test. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat tanggung jawab siswa dalam belajar yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan penguasaan konten dukungan tampilan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten dukungan tampilan kepustakaan berpengaruh terhadap tanggung jawab siswadalam belajar padasiswa kelas XI SMA Negeri 1 StabatTahun ajaran 2015/2016. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung= 0, Dengan α = 0,05 dan n=6, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung sama denganJtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z. Karena nilai z hitung adalah -2,201 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96. Maka hipotesis ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga, tanggung jawab siswa dalam belajar meningkat setelah mengikuti kegiatan layanan penguasaan konten dukungan tampilan kepustakaan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Stabat Tahun ajaran 2015/2016, dapat diterima.