PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOR THERAPY TERHADAP KECEMASAN BERBICARA SISWA SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan Rational Emotif Behavior Therapy terhadap kecemasan berbicara siswa SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pre test – post test group design, subjek penelitian adalah siswa yang memiliki kecemasan berbicara tinggi yang berjumlah 10 siswa. Alat pengumpul data dilakukan dengan pemberian kuesioner (angket). Analisa data adalah uji wilcoxon untuk melihat perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian memperoleh rata – rata pre test sebesar 65,2 dan rata – rata post test 51,2. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Zhitung < Ztabel pada taraf signifikansi 5% atau α = 0,05 yakni -2,803<-1,96, maka nilai rata – rata postest signifikan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, menunjukan ada perubahan kecemasan berbicara siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan rational emotif behavior therapy, maka dapat disimpulkan melalui konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan rational emotif behavior therapy dapat menurunkan kecemasan berbicara siswa.