Daftar Isi:
  • Tujuan penulisan adalah Untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap kecemasan sosial pada siswa SMP Negeri 5 Stabat . Hipotesis adalah ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap kecemasan sosial pada siswa SMP Negeri 5 Stabat Tahun Ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pre test – post test group design, subjek penelitian adalah siswa yang mengalami kecemasan sosial yang berjumlah 10 siswa. Alat pengumpul data dilakukan dengan pemberian kuesioner (angket). Analisa data adalah uji wilcoxon untuk melihat perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian memperoleh rata – rata pre test kelompok perlakuan sebesar 56,9 dan Standard Deviasi (SD) = 3,78 dan rata – rata post test 44,1 dan Standard Deviasi (SD) = 6,87. Dengan demikian konseling kelompok pendekatan cognitive behavioral therapy terhadap kecemasan sosial pada siswa dapat mengubah siswa lebih baik. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Zhitung < Ztabel pada taraf signifikansi 5% atau α = 0,05 yakni -2,803<-1,96, maka nilai rata – rata post-test kelompok perlakuan signifikan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, menunjukan ada perubahan cara berpikir dan perilaku siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan Konseling Kelompok Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy, maka dapat disimpulkan melalui konseling kelompok Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy dapat mengurangi kecemasan sosial siswa di sekolah.