Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap peningkatan sikap siswa pada peraturan sekolah SMP Swasta Islam Kota Parit, Bagan Batu, Riau T.A 2016/2017? Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap peningkatan sikap siswa pada peraturan sekolah SMP Swasta Islam Kota Parit, Bagan Batu, Riau T.A 2016/2017”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang siswa yang memiliki sikap terhadap peraturan sekolah yang cenderung rendah, dan akan diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu angket sikap terhadap peraturan sekolah sebanyak 40 butir item, yang sebelumnya diuji cobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel sehingga menjadi 31 item sebagai alat pengumpul data. Dari hasil analisis diperoleh data pre-test sikap siswa terhadap peraturan sekolah rata-rata = 62,75, termasuk kategori rendah dengan Standar Deviasi (SD) = 3,62. Sedangkan hasil analisis data post-test rata-rata = 85,75, termasuk kategori tinggi dengan Standar Deviasi (SD) = 7,20. Teknik uji hipotesis mengunakan uji wilcoxon (J) dengan hasil Jhitung = 0 sedangkan untuk n – 12, a = 0,05 maka Jtabel = 14. Oleh karena itu J(0) <J0,05 (14) maka H0 ditolak. Artinya terdapat peningkatan internal sikap siswa terhadap peraturan sekolah senilai 36,65%. Dengan demikian, Hipotesis diterima yang artinya ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap peningkatan sikap siswa pada peraturan sekolah SMP Swasta Islam Kota Parit, Bagan Batu, Riau T.A 2016/2017.