PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL KETERAMPILAN MENERIMA PADA PELATIHAN KONSELOR SEBAYA MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Melalui Pengembangan Media Audio Visual Keterampilan Menerima Efektif Pada Pelatihan Konselor Sebaya Di Universitas Negeri Medan T.A 2015/2016? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media audio visual keterampilan menerima efektif pada pelatihan konselor sebaya mahasiswa Di Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2015/2016”. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa di Universitas Negeri Medan Semester II, IV, VI yang tergabung pada komunitas Konselor sebaya tahun 2015/2016. Adapun pengambilan subjek ini yaitu dengan mengunakan teknik Purposive sampling (Pengambilan subjek secara sengaja), yang diambil melalui pengamatan langsung yang dilakukan oleh peneliti. Desain yang digunakan dalam Penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian dan pengembangan pendidikan (Educational Research and Development) atau Educational R & D. Berkenaan dengan Educational R & D, Gall, et al. (2003) menyatakan: “Educational R & Dis an industry based development model in which the findings of researh are used to design new products and procedures, which then are systematically field-tested, evaluated, and refined until they meet specified criteria of effectiviness, quality, or similar strandards.” Media audio visual keterampilan menerima yang dikembangkan peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan menerima pada pelatihan konselor sebaya di Universitas Negeri Medan, karena memiliki nilai rata-rata yang sangat baik yaitu 91,3%.