PENGARUH TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF TERHADAP KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN MELALUI KONSELING KELOMPOK SISWA KELAS X1 MAN PEMATANG BANDAR KECAMATAN UJUNG PADANG T.A 2015/ 2016
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penilitian ini adalah Bagaimana pengaruh teknikrestrukturisasi kognitif terhadap kecemasan menghadapi ujian melalui konseling kelompok siswa kelas X1MAN Pematang BandarKecamatanUjung Padang T.A 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 yang terdiri dari 9 orang siswa yang merupakan siswa agresif dan mempunyai kecemasan tinggi, berusia 15-16 tahun, yaitu usia matang secara hukum dan menyadari bahwa mereka mempunyai kecemasantinggi yang dilihat dari hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat kecemasansiswa. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan teknik restrukturisasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan teknik restrukturisasi berpengaruh terhadapkecemasansiswa MAN Pematang Bandar Kecamatan Ujung Padang T.A 2015/2016.Hal ini diketahui dari hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil Jhitung= 0, Dengan α = 0,05 dan n=9, maka berdasarkan daftar Jtabel = 6. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung <Jtabel. Maka hipotesis diterima berarti Ada pengaruh penggunaan teknik rerstrukturisasi kognitif terhadap kecemasan siswa melalui konseling kelompok siswa kelas X MAN Pematang Bandar Ujung Padang T.A 2015/ 2016