Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing dapat meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Perbaungan T.A 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan interaksi sosial siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Perbaungan T.A 2015/2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data untuk menjaring siswa yang memiliki interaksi sosial rendah dengan menggunakan angket interaksi sosial, dalam bentuk skala ordinal dengan bentuk skala likert. Subjek dari penelitian ini adalah 6 orang siswa yang memiliki hubungan interaksi sosial siswa yang rendah. Analisa data digunakan dengan tekhnik analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hubungan interaksi sosial siswa sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Pada siklus I hasil peningkatan interaksi sosial siswanya sebesar 50 %. Dan pada siklus II hasiln peningkatan interaksi sosial siswanya semakin membaik menjadi 83,3 %. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu dengan melaksanakan layanan bimbingan kelompok role playing dapat meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Perbaungan T.A 2015/2016.”