Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap: (1) pengetahuan siswa tentang lingkungan; dan (2) kepedulian tentang lingkungan hidup pada siswa tingkat SMP/MTs N dan SMA/MAN Adiwiyata di Kabupaten Labuhanbatu. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 240 siswa dari kelas XI SMA/MAN dan VIII SMP/MTs N yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan siswa tentang lingkungan dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 soal, dan tes sikap peduli siswa tentang lingkungan dalam bentuk angket yang berjumlah 30 pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji t, dan Anava pada taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan menggunakan uji tukey dengan bantuan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan pengetahuan tentang lingkungan antara siswa SMP/MTs N dan SMA/MAN Adiwiyata di Kabupaten Labuhanbatu (thitung = 4,109 ; P = 0,000); (2) tidak terdapat perbedaan sikap peduli tentang lingkungan antara siswa SMP/MTs N dan SMA/MAN Adiwiyata di Kabupaten Labuhanbatu (thitung = 1,260 ; P = 0,210); (3) terdapat pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap pengetahuan lingkungan (Fhitung = 3,410; P. = 0,003); (4) terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap sikap peduli lingkungan (Fhitung = 2,245; P. = 0,040); (5) terdapat pengaruh pekerjaan orang tua terhadap pengetahuan lingkungan (Fhitung = 3,010; P. = 0,000); (6) terdapat pengaruh pekerjaan orang tua terhadap sikap peduli lingkungan (Fhitung = 1,675; P. = 0,042); (7) tidak terdapat pengaruh jenis kelamin siswa terhadap pengetahuan lingkungan (Fhitung = 0,373; P. = 0,542); (8) tidak terdapat pengaruh jenis kelamin siswa terhadap sikap peduli lingkungan (Fhitung = 0,501; P. = 0,480); (9) terdapat pengaruh sumber informasi terhadap pengetahuan lingkungan (Fhitung = 6,593; P. = 0,000); dan (10) terdapat pengaruh sumber informasi terhadap sikap peduli lingkungan pada siswa SMP/MTs N dan SMA/MAN Adiwiyata di Kabupaten Labuhanbatu (Fhitung = 5,923; P. = 0,001). Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pengetahuan siswa tentang lingkungan, dan kepedulian tentang lingkungan hidup memiliki peranan penting terhadap sikap kepedulian siswa kepada lingkungan.