PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF TINGGI FISIKA SISWA

Main Author: Nasution, Sari Wahyuni Rozi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/21252/1/1.%20SARI%20WAHYUNI%20ROZI%20NASUTION%20NIM.%208146176017%20Cover%20thesis.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21252/5/2.%20SARI%20WAHYUNI%20ROZI%20NASUTION%20NIM.%208146176017%20Lembar%20Pengesahan.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21252/4/3.%20SARI%20WAHYUNI%20ROZI%20NASUTION%20NIM.%208146176017%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21252/1/4.%20SARI%20WAHYUNI%20ROZI%20NASUTION%20NIM.%208146176017%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21252/8/5.%20SARI%20WAHYUNI%20ROZI%20NASUTION%20NIM.%208146176017%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21252/6/6.%20SARI%20WAHYUNI%20ROZI%20NASUTION%20NIM.%208146176017%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21252/7/7.%20SARI%20WAHYUNI%20ROZI%20NASUTION%20NIM.%208146176017%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21252/10/8.%20SARI%20WAHYUNI%20ROZI%20NASUTION%20NIM.%208146176017%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21252/9/9.%20SARI%20WAHYUNI%20ROZI%20NASUTION%20NIM.%208146176017%20BAB%20I%20REVISI%20Baru.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21252/2/13.%20SARI%20WAHYUNI%20ROZI%20NASUTION%20NIM.%208146176017%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21252/3/14.%20SARI%20WAHYUNI%20ROZI%20NASUTION%20NIM.%208146176017%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21252/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran Inquiri Terbimbing dan pembelajaran direct instruction, dan mengetahui apakah ada perbedaan Hasil Belajar Kognitif Tinggi Fisika siswa yang memiliki kreativitas yang tinggi dengan siswa yang memiliki kreativitas yang rendah ,serta untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran Inquiry Terbimbing dan tingkat kreativitas dalam meningkatkan hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postes design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Swasta Baharuddin Padangsidimpuan tahun ajaran 2015/2016. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class.Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Terbimbing dan kelas kontrol diajarkan dengan direct instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kognitif tinggi fisika dan angket kreativitas. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Inquiry Terbimbing lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran direct instruction dalam meningkatkan hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa, kognitif tinggi fisika siswa pada kelompok siswa yang memiliki kreativitas yang tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki kreativitas yang rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry Terbimbing dengan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa.