Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai pendidikan yang terkandung dalam tortor Sirintak Hotang pada masyarakat Simalungun. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini dalam membahas nilai pendidikan dalam tortor Sirintak Hotang di Kabupaten Simalungun selama 2 bulan yaitu dari bulan juli 2016 sampai dengan agustus 2016. Tempat penelitian adalah Kecamatan Pematang Raya, Sumatera Utara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, untuk melengkapi data-data dalam penelitian ini, penulis melakukan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Sesuai dengan pengertian nilai pendidikan dalam tortor Sirintak Hotang adalah pekerjaan untuk membina kepribadian masyarakat sesuai nilai-nilainya. Nilai pendidikan yang terkandung dalam tortor Sirintak Hotang yaitu: (a) Disiplin: Disiplin adalah tindakan seseorang dalam mematuhi aturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat. Adapun macam-macam kedisplinan yang termasuk Dalam tortor Sirintak Hotang yaitu a. kerjasama/tolong menolong, memiliki tanggung jawab, tidak pernah menunjukan sikap malas bekerja, disiplin waktu, rasa memiliki, setia sesama kelompok dan pekerjaan. (b) Percaya diri: Percaya diri adalah menyakinkan pada kemampuan dan penilaian diri sendiri dalam melakukan tugas dan kepercayaan atas apa yang dia kerjakan. Adapun macam-macam percaya diri dalam ragam gerak Tortor Sirintak Hotang yaitu: pemberani, selalu optimis dalam melakukan pekerjaan, punya semangat yang lebih tinggi, mempunyai mental yang kuat, memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap dirinya sendiri. (3) Keteguhan jiwa: Keteguhan jiwa merupakan kekuatan atau ketetapan dalam jiwa. Adapun macam-macam keteguhan jiwa dalam ragam gerak tortor Sirintak Hotang yaitu:Sabar saat menghadapi rintangan, rela berkorban