PENGARUH PEMBELAJARAN TARI BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP KREATIVITAS SENI TARI SISWA SMP PAB 2 HELVETIA MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tari berbasis multimedia terhadap kreatifitas seni tari siswa SMP PAB 2 Helvetia Medan Semester 1, T.A 2016/2017. Dalam Pembahasan ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian yaitu teori pengaruh, pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, multimedia, audio, visual, audiovisual, internet, pembelajaran tari, seni tari, dan kreatifitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif .Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah uji t. Uji t digunakan untuk mengetahui apakah kedua variabel tersebut memiliki konstribusi yang signifikan atau tidak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP PAB 2 Helvetia Medan Semester 1 T.A 2016/2017. Dari populasi ini diambil sampel yaitu siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan yang berjumlah 35 siswa.Penelitianinidigunakanpadakelas pretest dan posttest. . Dari perolehan data diketahui bahwa kemampuan siswa mengenai pembelajaran tari sebelum menggunakan multimedia berada Dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 64,35 dan standart deviasi = 9,40. Kemampuan siswa setelah menggunakan multimedia berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 72,95 dan standart deviasi 9,76. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan data posttest berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ.Hasil perhitungan uji âtâ diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,69>2,00, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran tari berbasis multimedia berpengaruh signifikan terhadap kreatifitas seni tari siswa SMP PAB 2 Helvetia Medan