Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 334 orang. Sampel yang diambil adalah 33 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 54 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji “r”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,93 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,6279 > 0,344), kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 80 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,603 > 0,344), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,76 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,6119 > 0,344), kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 79 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,512 > 0,344) pada taraf siginifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016