Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata dan intensitas menonton berita di televisi dengan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Satu Atap Negeri 4 Pangururan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Satu Atap Negeri 4 Pangururan tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 90 orang. Sampel diambil dari populasi sebanyak 73 orang dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah instrumen tes. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan untuk menjaring data penguasaan kosakata adalah instrumen tes objektif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data intensitas menonton berita di televisi adalah instrumen tes objektif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis teks berita adalah instrumen tes penugasan menulis. Hasil penelitian menunjukkan empat hal. Pertama, penguasaan kosakata siswa tergolong kategori cukup (