PENGARUH MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ERIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan menulis teks berita. Untuk penelitian tersebut data diambil dari 36 sampel yang berasal dari 135 populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest dan Posttest. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks berita dalam bentuk tes esai. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ dengan rumus: Berdasarkan pengolahan data diperoleh nilai rata-rata post test = 75,63, standar deviasi = 10,67, dan termasuk dalam kategori sangat baik 22,22%, kategori baik 47,22%, kategori cukup 30,55%. Sedangkan pada pre-test, nilai rata-rata = 61,11%, standar deviasi = 9,22, dan termasuk dalam kategori sangat baik 0%, kategori baik 52,77%, kategori cukup 16,66%, kategori kurang 13,88%. Dari analisis data menggunakan uji âtâ diperoleh thitung = 6,31, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% dengan df = 36-1 = 35. Pada tabel t dengan df 35 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03 dan taraf signifikan 1% = 2,72, maka hipotesis penelitian yang diajukan yakni Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti model CTL (Contextual Teaching And Learning) lebih berpengaruh dibandingkan model pembelajaran konvensional untuk mengembangkan kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Eria Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.