PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran peta pikiran terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah 360 orang. Dari populasi ini diambil sampel dengan pengambilan random sampling, dan diperoleh sampel yaitu kelas X MIA-1 yang terdiri dari 40 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian eksperimen one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Penggunaan model pembelajaran peta pikiran mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa. Adanya perubahan positif dari siswa menjadikan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi lebih menarik dan menyenangkan. Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran peta pikiran dapat meningkatkan hasil kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini terlihat dari distribusi data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran peta pikiran (pre-test) berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 63,87 dan kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran peta pikiran (post-test) berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 75,25.