Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Lumban Julu Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektifan model CIRC dengan model ekspositori dalam pembelajaran menulis karangan narasi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lumban Julu yang berjumlah 184 orang dan pengambilan sampel dilakukakan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan atas strata, random, atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 64 orang, yaitu terdiri dari dua kelas, kelas eksperimen 32 orang dan kelas kontrol 32 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design two group posttest only. Instrumen yang digunakan adalah. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 77,5, standar deviasi 7,72, dan standar error 1,36, sedangkan nilai rata-rata kontrol 71, standar deviasi 9,28, dan standar error 1,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis karangan narasi di kelas eksperimen lebih tingggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis taraf signifikansi 5% = 1,99 dan taraf signifikan 1% = 2,65. Oleh karena itu