PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATERI SISTEM KOLOID
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum kimia berbasis kontekstual terintegrasi nilai-nilai karakter, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif dan mengetahui hasil belajar siswa yang ditinjau dari aspek afektif dan psikomotorik yang dibelajarkan menggunakan penuntun praktikum kimia yang telah dikembangkan. Penelitian dilakukan di SMA Cahaya Medan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang diambil secara purposive sumpling yaitu kelas eksperimen I menggunakan PPKBK dan kelas eksperimen II menggunakan PP yang tersedia di sekolah Instrumen penelitian adalah rubrik validasi, tes dan lembar observasi. Penelitian dimulai dari analisis penuntun praktikum kimia di sekolah, pengembangan, validasi, revisi dan uji coba penuntun praktikum yang telah dikembangkan. Hasil penelitian diperoleh (1) berdasarkan hasil analisis buku PP kimia pada materi sistem koloid penerbit Erlangga, Pudak Scientifik, Duta Nusantara dan Laskar Aksara belum sesuai dengan BSNP, (2) berdasarkan BSNP PPKBK terintegrasi nilai-nilai karakter lebih valid dibandingkan dengan PP kimia yang digunakan di sekolah, (3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif, yang dibelajarkan menggunakan PPKBK terintegrasi nilai-nilai karakter 0,73 sedangkan yang dibelajarkan dengan PP kimia yang digunakan sekolah 0,63, (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari aspek psikomotorik yang dibelajarkan menggunakan PPKBK terintegrasi nilai-nilai karakter sebesar 91 dan yang dibelajarkan dengan PP kimia yang digunakan sekolah sebesar 85, sedangkan ditinjau dari aspek afektif yang dibelajarkan menggunakan PPKBK terintegrasi nilai-nilai karakter sebesar 92 dan yang dibelajarkan dengan PP kimia yang digunakan sekolah sebesar 81.