PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIGUMPAR TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sigumpar Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sigumpar yang terdiri atas lima kelas yang masing-masing berjumlah 30 orang dengan jumlah keseluruhan 150 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 30 orang yaitu kelas VIII-A. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik acak (random sampling). Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan tes non objektif yang terdiri atas 1 soal uraian yang diuji cobakan pada kelas sampel VIII-A untuk mengetahui normalitas, homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang normal dan berdistribusi homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen adalah sebesar 64,33 dengan standar deviasi 10,429 dan nilai rata-rata Selanjutnya diberi perlakuan yang berbeda dan di akhir pembelajaran diberikan postes. Dari hasil postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 74,33 dengan standar deviasi 12,228 Hasil uji statistik (uji t) diperoleh harga thitung = 2,994 dan ttabel = 0,170 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 30, maka thitung > ttabel (2,994 > 0,170) hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sigumpar Tahun Pembelajaran 2016/2017.