Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks berita. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis teks berita menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Sinar Husni Medan yang berjumlah 107 orang. Sampel penelitian tersebut diambil menggunakan teknik random sampling dan didapat kelas VIII-3 sebagai sampel penelitian yang berjumlah 30 orang. Metode atau cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test and Post-Test Design. Pre-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam menulis teks berita sebelum menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), yaitu memperoleh nilai rata-rata 64.33. Lalu post-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), yaitu memperoleh nilai rata-rata 79.16. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu 7.34 > 2.00 maka dapat membuktikan bahwa hipotesis alternatif ( diterima. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Swasta Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.