PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 180 orang. Sampel yang diambil adalah 36 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan, dan kemampuan menulis teks cerita fabel oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji “r”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 73,47 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,738 > 0,329), kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 74,44 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,511 > 0,329), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 74,31 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,347> 0,329), kemampuan siswa dalam menulis teks cerita fabel termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 73,06 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,504> 0,329) pada taraf siginifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016.