PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 42 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 214 siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 68.125, standar deviasi 7.88, kategori sangat baik, tidak ada siswa yang mencapai peringkat sangat baik atau 0%, kategori baik sebanyak 5 siswa atau 16%, kategori sedang sebanyak 11 siswa atau 34%, kategori kurang sebanyak 13 siswa atau 41%, dan kategori sangat kurang sebanyak 3 siswa atau 9%. Sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 74.84 , standar deviasi 8.14, kategori sangat baik 6 siswa atau 19%, kategori baik sebanyak 13 siswa atau 41%, kategori sedang sebanyak 11 siswa atau 34%, kategori kurang sebanyak 2 siswa atau 6%, dan kategori sangat kurang sebanyak 0 siswa atau 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 7.4; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = N-1 = 32 – 1 = 31, dari df 31 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.02. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 7.4 >2.02, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa media audiovisual berpengaruh secara posistif terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa kelas VIII SMP Negeri 42 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.