Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan penguasaan kosakata terhadap kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 480 orang siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan cara random sampling yaitu kelas XI IPA-9 yang berjumalah 35 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Data penguasaan kosakata siswa dijaring dengan menggunakan tes objektif yang valid sebanyak 30 soal dan 1 tes essay untuk menjaring kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks siswa. Sebelum dilakukan pengujian data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis data teruji bahwa rhitung lebih besar (>) dari rtabel, yaitu 0,899 >0,349 (hasil dari intervolasi pada taraf kebermaknaan ɑ = 0,05 dengan n=35). Dengan demikian, Ha diterima. Hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan memprodukasi teks eksplanasi kompleks. Besarnya r=0,899 dan setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi, maka hubungan antara kosakata dengan memproduksi teks eksplanasi termasuk dalam kategori kuat