Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman dengan jumlah 105 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa yang diambil secara homogen dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya True eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 58,8, standar deviasi = 7,76 digolongkan pada kategori sangat kurang sebanyak 36,11% kategori kurang sebanyak 44,44% dan kategori cukup sebanyak 19,44% Adapun nilai rata-rata post-test= 78,11 standar deviasi = 6,57 digolongkan pada kategori cukup sebanyak 25% kategori baik 58,33% dan kategori sangat baik sebanyak 16,67%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan maka diketahui thitung sebesar 1,71 selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan tabel distribusi student’s t. Maka harga ttabel dengan tingkat kesalahan α=0,05; db = n-2 = 36-2=34 adalah 1,69 Ternyata t hitung ˃ t tabel = 1,71 ˃ 1,69 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman tahun pembelajaran 2015/2016.