Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tinada pada tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tinada pada tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tinada yang berjumlah 115 orang dan pengambilan sampel dilakukakan secara Random Sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 25 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis paragraf argumentasi. Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre-test) adalah 55,6, standar deviasi 8,03, dan standar error 1,64, sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan (post-test) 78,2, standar deviasi 8,87, dan standar error 1,81. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis puisi setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung = 9,10 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,01. Karena thitung = 9,10 > ttabel = 2,01 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa media video mempengaruhi Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tinada Tahun Pembelajaran 2016/2017.