PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan menulis cerita pendek oleh siswa kelas X SMA Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 280 siswa. Dari 280 siswa, ditetapkan 70 siswa yang diambil secara acak dan dibagi menjadi dua kelompok dengan jumlah yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen two group post-test only design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah masuk dalam kategori cukup dengan nilai ratarata (mean) yang diperoleh siswa adalah 68, sedangkan kemampuan siswa menulis cerpen sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 82. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (8.97) > ttabel (2,00) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, hal ini berarti ada pengaruh Model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap kemampuan menulis cerita pendek oleh siswa kelas X SMA Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis cerpen sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis cerpen.