Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan novel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 178 orang. Sampel yang diambil adalah 32 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan, dan kemampuan menulis teks ulasan novel siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 60 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 83,59 dengan uji hipotesis thitung > ttabel (3,107 > 1,694), kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,65 dengan uji hipotesis thitung > ttabel (4,019 > 1,694), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk dalam kategori baik dengan nilai -rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 83,13 dengan uji hipotesis thitung > ttabel (3,281 > 1,694), kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan novel termasuk dalam kategori baik dengan nilai -rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,97 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,435 > 0,349) pada taraf signifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks ulasan novel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016