Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penemuan sumber ide menulis dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 113 siswa. Dari 113 siswa ditetapkan sampel sebanyak 38 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi korelasional. Data penemuan sumber ide menulis dijaring dengan menggunakan angket sebanyak 15 item pernyataan dan 5 opsi jawaban. Data kemampuan menulis paragraf argumentasi dijaring dengan menggunakan tes perbuatan. Dari pengolahan data diperoleh hasil angket penemuan sumber ide menulis dengan rata-rata = 60,10 dan standar deviasi = 6,08. Pada hasil kemampuan menulis paragraf argumentasi diperoleh rata-rata = 73,34 dan standar deviasi = 7,21. Dari uji normalitas data penemuan sumber ide menulis dan kemampuan menulis paragraf argumentasi berdistribusi normal. Selanjutnya, pada uji homogenitas penelitian tersebut juga dinyatakan homogen kemudian pada uji linieritas data penelitian tersebut juga dinyatakan linier. Setelah melakukan uji persyaratan, yaitu uji normalitas, homogenitas dan linieritas maka dilakukan uji hipotesis. Untuk mengetahui tingkat hubungan variabel X dan Y digunakan rumus product moment. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka hubungan antara penemuan sumber ide menulis dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi diperoleh = 0,410 yang lebih besar dari = 0,320 pada taraf signifikan = 0,05. Maka > ( 0,410 > 0,320 ) sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penemuan sumber ide menulis dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelasa X SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar tahun pembelajaran 2015/2016.