Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran pbi (problem based instruction) terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan sebanyak 194 orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essai. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 64,06, standar deviasi=7,35, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 0 orang atau 0%, kategori baik sebanyak 10 siswa atau 31,25%, kategori cukup sebanyak 20 orang atau 62,5%, kategori. Nilai rata-rata post-test = 79,68%, standar deviasi = 7,61, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 12 orang atau 33,5%, kategori baik sebanyak 17 orang atau 55,5 %, kategori cukup sebanyak 3 orang atau 12,5 %. Berdasarkan uji normalitas, hasil pret-test dan post-test dinyatakan dalam distribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 5,83 dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df= N-1 = 32-1 = 31 diperoleh nilai ttabel 2,04. Hasil tersebut menunjukkan nilai thitung yaitu 5,83 > 2.04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan model pembelajaran pbi (problem based instruction) terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.