Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode biowriting terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA St. Yoseph Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan metode biowriting. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA St. Yoseph Medan Tahun 2016. Jumlah sampel 160 orang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel sebanyak 80 orang yang terdiri dari 2 kelas diperoleh dengan teknik random sampling, dimana satu kelas menjadi kelas kontrol dan kelas lain menjadi kelas eksperimen. Untuk mengetahui efektifitas metode biowriting terhadap kemampuan menulis digunakan uji statistik rerata dua kelompok tidak berpasangan atau uji t-tidak berpasangan. Dari hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji – t dari data post- test menulis cerpen kelas experimen dan menulis cerpen kelas kontrol diperoleh thitung = 3,39. Dari daftar distribusi t dengan menggunakan uji - t dua pihak yaitu 1- 1/2α yaitu 0,975 dengan dk n-2= 38 diperoleh harga t (0,975)(38) = 2,021. Dalam kriteria pengujian hipotesis dinyatakan bahwa pada thitung > ttabek (3,39 > 2,021) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran biowriting efektif digunakan dalam mengembangkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA. Dalam pelaksanaannya, selain menunjukkan peningkatan nilai pada siswa, penerapannya pun menambah variasi belajar di kelas.