Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh kemampuan menyunting teks prosedur kompleks siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning serta memperoleh pengaruh yang diberikan model pembelajaran tersebut terhadap hasil kemampuan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Medan. Lalu dipilih sampel penelitian sebagai perwakilan yang diambil menggunakan teknik random sampling. Maka terpilihlah kelas X 1PA-4 yang berjumlah 40 orang sebagai sampel penelitian. Metode atau cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test-Post-Test design. Hasil yang diperoleh siswa adalah berupa pre-test dan post-test. Pre-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam menyunting teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning, yaitu memperoleh nilai rata-rata 63,5 dan termasuk dalam kategori cukup. Lalu posttest dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning, yaitu memperoleh nilai rata-rata 77,0 dan termasuk dalam kategori baik. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu 9,31 > 2,02 maka dapat membuktikan bahwa hipotesis alternatif ( diterima, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran discovery learning terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menyunting teks prosedur kompleks pada siswa kelas X MAN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.