Daftar Isi:
  • Pembelajaran PKn bersifat abstrak membuat siswa merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, maka diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat memotivasi siswa sehingga hasil belajar PKn siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PKn siswa di kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai; (2) Hasil belajar PKn siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah di kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai; dan (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai. Penelitian berbentuk Quasi Experiment dengan desain faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis varians dan uji tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PKn siswa di kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai; (2) Hasil belajar PKn siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah di kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai; dan (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar terhadap belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 064978 Medan Denai.