Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dalam belajar matematika pada materi bangun ruang khususnya balok dan kubus dikelas V SD Negeri 106832 Sukamandi Hulu kabupaten Deli Serdang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian 20 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui tes esai yang diberikan setiap akhir pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menentukan rata-rata persentase hasil belajar siswa selama pembelajaran menggunakan pendekatan realistik, penilaian hasil belajar siswa berupa ketuntasan hasil belajar pada tes esai. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran Matematika. Hal ini dapat diketahui dari hasil penilaian yang sudah diberikan. Adapun peningkatannya adalah pada saat tes awal ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan 45%, setelah dilakukan tindakan menggunakan pendekatan realistik ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan meningkat 10% dari jumlah ketuntasan awal menjadi 55% pada post test siklus I. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan meningkat 25% dari nilai post test siklus I menjadi 80% pada post test siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan realistik pada pelajaran matematika disukai dan disenangi siswa. Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pendekatan realistik matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas V SD khususnya pada materi bangun ruang kubus dan balok.