PEMANFAATAN SITUS SEJARAH LOYANG MENDALE SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII MTSN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan metode pembelajaranyang digunakan oleh guru dalam memanfaatkan situs sejarah Loyang Mendale sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPS bagi peserta didik kelas VII di MTsN Pegasing; (2) mengetahui apresiasi peserta didik terhadap situs sejarah Loyang Mendale sebagai sumber belajar IPS; (3) menganalisis kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan situs sejarah Loyang Mendale pada pembelajaran IPS. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran IPS dan peserta didik yang terlibat dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan situs sejarah Loyang Mendale sebagai sumber belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data: Wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Verifikasi dilakukan dengan empat kriteria keabsahan data, yaitu: derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemanfaatan situs sejarah Loyang Mendale sebagai sumber belajar dengan menggunakan metode karya wisata yaitu metode atau cara belajar diluar kelas yang dilakukan dengan melihat atau mengamati materi pelajaran secara langsung di alam bebas; (2) apresiasi peserta didik terhadap situs sejarah Loyang Mendale dapat dilihat melalui kebanggaan seluruh peserta didik dengan mempublikasikan, mengkomunikasikan dan menginformasikan peninggalan sejarah yang ditemukan di situs sejarah Loyang Mendale melalui kegiatan diskusi dalam mengerjakan LKS dan presentasi hasil pengamatan; (3) terdapat 2 kendala yang dihadapi guru, yaitu: teknis di lapangan dan ketidaksiapan guru dalam pembelajaran IPS.