Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pendekatan pembelajaran PMR dan OE terhadap kemampuan pemecahan masalah; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan PMR dan OE; (3) pengaruh pendekatan pembelajaran PMR dan OE terhadap Self Efficacy siswa. Penelitian berbentuk Pre-Experimental Design dengan rancangan Two Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket self efficacy Analisis data menggunakan uji-t dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengaruh PMR lebih baik dibandingkan OE terhadap kemampuan pemecahan masalah, hal ini berdasarkan thitung (=2,167) lebih besar dari ttabel (=1,671); (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan PMR lebih tinggi dari OE, hal ini berdasarkan gain score dan karakteristik pendekatan. PMR menggunakan masalah kontekstual berbentuk cerita; (3) Pengaruh PMR lebih baik dibandingkan OE terhadap Self Efficacy , hal ini berdasarkan thitung (=1,716) lebih besar dari ttabel (=1,671).