MENINGKATKAN KARAKTER BERSAHABAT MELALUI METDE BERMAIN PERAN DI TK AL- FAUZI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan agar anak mampu berkomunikasi dengan teman pada saat anak berada di dalam kelas maupun bermain bersama di halaman sehingga anak menjadi percaya diri dan mampu bersosialisasi dengan teman dilingkungannya yang akhirnya anak lebih senang bermain bersama pada saat di luar kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan interpersonal 40% kemampuan untuk diterima teman sebaya 25%, keterampilan mengatur diri sendiri 20%, keterampilan berkomunikasi 30%. Pada siklus II kemampuan interpersonal 75%, kemampuan untuk diterima teman sebaya 85%, keterampilan mengatur diri sendiri 73%, keterampilan berkomunikasi 65%. Hasil dari data yang diperoleh pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklus untuk karakter bersahabat dengan metode bermain peran.